Sabtu, 15 Oktober 2011

"Pengenalan Hidup"

   Tuhan telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Manusia diberi akal dan ilmu pengetahuan oleh Allah SWT, agar dapat menjadi khalifah di muka bumi ini. Bumi yang indah dan luas ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun dewasa ini justru makin banyak manusia yang tidak peduli tentang nasib bumi ini. Untuk itu, mari kita bersama-sama melestarikan bumi yang diciptakan untuk kita ini kembali hijau, karena semua demi kepentingan maunsia.
   Manusia diciptakan Allah SWT dari tanah, dan akan kembali ke tanah lagi. Selama 9 bulan, seorang anak masih dalam kandungan seorang ibu. Dan setelah itu dilahirkan untuk dapat melihat betapa indahnya dunia ini. Terdengar suara tangisan seorang bayi yang baru lahir, dengan suara yang keras. Seorang bayi yang menangis itu sudah tahu bahwa dia dilahirkan di dunia ini dengan memikul beban hidup, dia tahu sejak saat itu juga dia sudah memiliki sebuah tanggung jawab untuk menjadi seorang khalifah di muka bumi ini.
   Lalu dia tumbuh berkembang menjadi seorang manusia dewasa yang dapat membedakan mana yang baik, dan mana yang buruk. Pendidikan, budi pekerti, dan agama memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Dengan agama, manusia dapat mengetahui batasan-batasan dalam berperilaku, yahu bagaimana cara menjaga hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Budi pekerti mengajarkan manusia bagaimana bersikap, berbicara, dan berperilaku dalam kehidupan agar bisa dipandang sebagai seseorang yang memiliki budi pekerti yang baik.
   Banyak pilihan jalan dalam hidup ini. Tergantung dari pribadi masing-masing untuk memilih jalan mana yang akan ia tempuh. Tentunya, dalam setiap agama mengajarkan pada kita semua untuk menjadi seseorang yang memilih jalan kebaikan dalam hidup ini. Tapi, apakah semua orang memilih jalan itu? Tentu saja tidak, karena manusia itu memiliki sifat yang beragam. berbagai cara ditempuh untuk memenuhi keinginan setipa manusia bahkan dengan cara-cara yang dapat merugikan bahkan mencelakakan manusia lain.
   Untuk itu, marilah kita berfikir sejenak apakah dunia ini akan berlangsung selamanya? Bukankah setiap jiwa yang hidup akan merasakan mati? Berfikir dengan bijak, melakukan sebuah pekerjaan dengan dasar kejujuran, dan selalu ingat dengan Sang Pencipta adalah sebuah jalan yang baik yang bisa kita jalani agar kita menjadi seorang manusia yang baik. Karena dalam kita mengenal hidup ini, kita harus tahu bagaimana kita mengisi hidup ini dengan perbuatan-perbuatan yang membaikkan hidup kita. Dan kita mampu berfikir bagaimana akhir dari kehidupan, dan bagaiman upaya kita dalam mempersiapkan masa setelah kehidupan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar